Mengenal Dasar Kopi

Mengenal Dasar Kopi
August 11, 2016 mybio
In Feature

*Artikel ini hanya ditujukan kepada orang-orang yang baru mulai mencintai Kopi*

“Dulu aku nggak suka banget sama yang namanya Kopi. Rasanya pahit! Tapi semenjak aku nyobain Mocha Coffee waktu beberapa bulan lalu aku sekarang jadi suka sama yang namanya Kopi” Kata Risma kepada teman kantornya.

1 Kata “Kopi”, Jenis minuman yang hampir digemari disemua kalangan ini sudah menjadi tradisi habit dan lifestyle bagi siapa saja. Namun bagi anda sebagai pecinta kopi pemula sepertinya anda harus menyimak artikel fakta tentang kopi ini lebih jauh.

Arabika VS Robusta

Mungkin anda pernah mengenal 2 kata ini. Arabika dan Robusta adalah dua jenis kopi yang berbeda. Arabika memiliki kadar kafein lebih rendah dari robusta. Arabika adalah jenis kopi yang paling banyak di konsumsi di dunia. Robusta harganya lebih murah dari arabika meski rasanya lebih pahit. Kopi yang sering dijual di pasar umumnya adalah robusta karena harganya lebih ekonomis.

Kopi Tak Selalu Hitam dan Pahit

Di mindset kebanyakan orang Indonesia kopi haruslah hitam dan memiliki rasa pahit. Padahal seharusnya tidaklah selalu. Robusta yang disangrai dengan gelap tentulah memberi pahit yang luar biasa dahsyat. Kehitaman dan kepahitan tingkat kopi berasal dari proses penyangraiannya (roasting). Semakin lama biji kopi disangrai maka akan semakin pahit dan hitamlah kopi tersebut. Ada tiga tingkat proses penyangraian yaitu light, medium dan dark. Tapi sebaiknya kopi tidak disangrai terlalu gelap dan lama karena akan menghilangkan karakteristik biji kopi tersebut.

Kopi Memiliki Banyak Beragam Variant Rasa

Seperti ulasan diatas kalau kopi tak semuanya memiliki rasa pahit. Buat anda yang sekarang sudah mulai mencintai minum kopi anda harus tahu nih beberapa macam variant rasa kopi seperti Kopi Espresso, Kopi Americano, Kopi Caffe Latte, Kopi Cappuccino, Kopi Café Macchiato, Kopi Café Mocha dan masih banyak lagi.

Kopi Terbaik Indonesia
Kopi di negeri kita sendiri, Indonesia juga tidaklah kalah enak dan nikmat dengan kopi luar. Exotico Friends juga harus tahu apa-apa saja kopi terbaik Indonesia itu. Diantaranya ada Kopi Jawa, Kopi Toraja, Kopi Sindikalang, Kopi Gayo, Kopi Wamena dan Kopi Luwak.

Proses Kopi Sebelum Akhirnya Bisa Kita Nikmati

Awalnya kopi ditanam oleh petani. Saat panen petani memetik  buah kopi dan memisahkan biji dari buahnya. Ada beberapa tahap yang dilakukan, seperti wet process, honey process dan lain-lain. Setelah biji kopi dan buahnya terpisah maka biji kopi yang mentah harus dijemur beberapa waktu sampai kadar airnya berada di tingkat yang telah ditentukan. Setelah itu biji kopi hijau ini dijual ke roaster (penyangrai kopi) atau perusahaan yang mengolah sendiri biji hijau mereka.
Green bean ini siap di-roasting sesuai keinginan atau karakteristik bijinya oleh roaster. Tidak semua biji mampu disangrai medium atau dark karena setiap biji memiliki karakteristik masing-masing. Setelah disangrai maka biji kopi tersebut siap diolah barista menjadi minuman. Tetapi sebelumnya harus digiling dahulu sesuai permintaan. Setelah digiling bubuk kopi siap dinikmati menjadi aneka minuman nikmat.

Nah, Exotico Friends sekarang sudah tahukan dasar-dasar pengenalan akan Kopi. Stay tuned untuk diartikel Kopi berikutnya yah! (JJ)

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*